Rabu, 19 September 2012

Mengenal Operating System Ubuntu



Menurut sumber terpercaya dilangsir dari wikipedia.com, “Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.”.
Mungkin belum terlalu banyak yang mengenal Ubuntu itu adalah nama sebuah operating system yang sudah mulai /digunakan di berbagai belahan benua, dikarenakan kita sebagai pengguna masih banyakn sekali yang menggunakan operating system Windows.
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang akan dirilis April 2012 akan mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.
Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.
Awalnya mungkin kita bertanya-bertanya mengapa harus Ubuntu? Apa yang dimiliki Ubuntu sehingga Ubuntu bisa dijadikan alternatif ­operating system yang kita gunakan? Sebab tujuan dari distribusi Linux Ubuntu diantaranya membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Beberapa kelebihan Ubuntu diantaranya :
-          Bebas virus : saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yg berekstensi .exe untuk ubuntu sudah berbeda sehingga virus dari OS tetangga tidak akan berjalan di linux.
-          3D Interface : efek 3D kita sering jumpai di OS lainnya seperti aero memerlukan spek komputer yg tinggi tetapi ubuntu dengan spek komputer yg tidak terlalu tinggi sudah bisa 3D.
-          Kompatibilas : Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru, dari mulai usb modem, wifi dan perangkat lain just plug n play.
-          Gratis : tinggal download dari situs ubuntu dapat download atau biasa disebut dengan open source.
-          User friendly : untuk orang awam sekalipun bisa memakai ubuntu.

1 komentar: