Minggu, 09 September 2012

Kemiripan Teknologi "Kacamata 360 Derajat"



Menurut sebuah sumbe terpercaya, ide pengembangan teknologi ini sudah mulai dirancang namun masih belum sempurna, teknologi ini masih terbatas digunakan di teknologi militer saja. Kemajuan teknologi militer digambarkan dengan perangkat-perangkat yang akan memenuhi medan perang bersama pesawat-pesawat hingga kapal-kapal yang menerapkan teknologi penglihatan 360 derajat ini.


Terdapat sebuah artikel yang menjelaskan kemiripan teknologi ini dengan teknologi yang sudah ada :
Apabila Anda pernah melihat film Hollywood The Avengers atau Iron Man, maka pasti mengerti helm yang digunakan oleh Tony Stark tersebut sangat canggih. Nampaknya, hal tersebut dijadikan inspirasi oleh perusahaan pertahanan Inggris untuk menciptakan helm sejenis.
Apabila biasanya pilot hanya dapat melihat pergerakan musuhnya yang berada di depan atau samping kiri kanannya saja dan ketika sang musuh menyelinap ke bawah atau ke posisi yang tidak dapat terjangkau pandangan pilot, maka hal tersebut dapat menjadi suatu musibah, karena dapat saja dia tertembak.
Oleh karenanya, sebuah perusahaan pertahanan Inggris mencoba mengembangkan penemuan yang dinamakan helm BAE Systems' Striker HMSS. Perusahaan tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dalam penciptaannya.
Seperti dalam film Iron Man atau di video game, pengguna helm ini dapat mengetahui segala hal yang didapatkan oleh kamera di sekeliling pesawat. Helm BAE ini terhubung dengan kamera-kamera tersebut secara wireless.
Sistem di dalam helm BAE ini akan menampilkan secara otomatis dan real-time posisi mana saja yang ingin dilihat oleh pilot. Tidak hanya itu saja, seperti yang dilansir ulang dari merdeka.com (04/09), helm ini juga dilengkapi dengan teknologi Helmet-Mounted Display (HMD) untuk 'berkomunikasi' dengan pesawat dan Head-Up Displays (HUD) yang berfungsi untuk menampilkan data seperti kecepatan, arah dan lainnya.
Menurut pembuatnya, di kemudian hari kemungkinan pilot tidak lagi harus menaiki pesawat terbang, namun cukup duduk di suatu tempat, dia dapat mengendalikan sebuah pesawat tempur dari jarak jauh. "Memang, terkesan sedikit menyeramkan, namun saat ini teknologi telah mengubah banyak hal."

Sumber : http://ahmad-roni.blogspot.com/2012/09/helm-iron-man.html

1 komentar:

  1. Coba kaji dari segi keilmuan ilmu komputer. pasti ada celah untuk kamu bisa berkontribusi untuk mewujudkannya.
    goodluck! :)

    BalasHapus